Jumat, 03 Januari 2014

Cara Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog mudah dan gratis. Seiring dengan populernya blog, semakin banyak orang yang ingin tahu cara membuat blog. Sebab kini blog tidak lagi dipandang sebagai tempat curhat ataupun sebagai diary online. Banyak orang sudah paham dan mengerti kalau dapat menghasilkan uang dari blog. Selain itu, banyak pula yang mencari tahu cara daftar blog di Blogger karena ada tugas dari guru atau dosen yang mewajibkan siswa dan mahasiswa untuk memiliki sebuah blog.

Pada dasarnya, blog adalah web blog yang merupakan salah satu aplikasi web dimana postingan atau artikel yang diposting dalam blog muncul secara berurutan, dari tulisan terbaru sampai tulisan terlama. Banyak cara untuk membuat sebuah blog. Platfrom blogging sendiri ada banyak, mulai dari Blogger, Wordpress, Tumblr, hingga Blogdetik.

Artikel Rekomendasi:
Cara terbaik mengurangi Bounce Rate blog
15 cara ampuh meningkatkan traffic blog
Cara klaim dan submit blog ke direktori Alexa Rank
Tips agar blog selalu ramai dikunjungi visitor

Dulu orang biasa menggunakan blog sebagai sarana curhat atau menumpahkan semua pendapat. Kini di era modern, blog dijadikan sebagai sarana untuk cari duit di internet. Mungkin hal itu juga yang mendasari banya orang untuk membuat blog karena tahu blog bisa untuk cari uang.

Pada kesempatan kali ini, OlPreneur.com akan memfokuskan tutorial cara membuat blog di Blogger.com. Blogger sendiri dikenal sebagai salah satu platform blogging terbaik di dunia. Selain itu, ada banyak alasan kenapa jutaan orang menggunakan Blogger.

Cara Membuat Blog di Blogspot

Sebelum memutuskan untuk membuat blog gratis di Blogger, anda harus memiliki dulu alamat email yang masih aktif. Disarankan agar anda memiliki akun Gmail. Sekarang saya asumsikan anda sudah memiliki alamat email. Saatnya daftar blog gratis!

1. Buka laman www.blogger.com

2. Kemudian untuk mempermudah proses pendaftaran blog, ubah bahasa menjadi Bahasa Indonesia. Cari pengaturan bahasa di sebelah pojok kanan.

3. Masuk/Login menggunakan username dan password Gmail anda. (Akun Gmail anda bisa juga untuk login Blogger) 

4. Isilah data formulir yang telah disediakan oleh Blogger seperti:
  • Nama tampilan
  • Jenis kelamin
  • Penerimaan persyaratan. Centang check list yang disediakan. Hal itu menunjukkan anda bersedia patuh dan setuju dengan segala kebijakan Blogger.
5. Klik "Lanjutkan". Kemudian pilih dan klik buat "Blog Baru"

6. Pilih "Judul Blog" dan URL untuk blog anda. URL blog anda tidak akan sama dengan URL blog manapun. Jadi pilihlah URL blog anda dengan hati-hati, karena URL blog akan menjadi branding anda. Untuk mengetahui apakah URL yang anda inginkan masih tersedia apa tidak klik "Cek Ketersediaan".


7. Kemudian pilih template untuk blog baru anda. Setelah itu klik "Buat Blog".


8. Blog baru anda telah selesai dibuat. Namun tidak hanya sampai disitu. Agar blog anda dikenali banyak orang, anda bisa segera mulai untuk bikin postingan. Untuk membuat postingan/artikel terbaru, ikuti tutorial membuat blog berikut ini.

9. Klik tulisan "Mulai Mengeposkan"


10. Isi judul dan artikel yang ingin anda posting di blog baru anda.

11. Setelah selesai anda bisa mengecek hasil postingan anda lewat "Pratinjau Tulisan". Bila posting telah sesuai dengan keinginan anda maka anda dapat lanjutkan dengan klik "Publikasikan". Untik langkah 11 dan 12, lebih jelasnya lihat gambar ini.


12. Bila sudah selesai, anda dapat melihat hasil postingan anda yang sudah online dengan klik "Lihat Blog". 


13. Anda dapat melihat postingan anda di URL blog baru anda sendiri. Saya ucapkan selamat karena sekarang anda telah berhasil membuat blog sendiri. Agar blog anda dikunjungi banyak orang, anda harus tahu cara promosi blog.

Itulah tadi tutorial membuat blog baru di Blogger. Semoga tutorial yang saya tulis dapat bekerja sebagaimana mestinya dan anda sekarang punya profesi baru yaitu seorang Blogger.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar