Rabu, 16 April 2014

Cara Unik Promosi Blog Secara Offline

Cara Promosi Blog - Mempromosikan Blog secara Offline juga perlu dilakukan blogger agar blognya semakin dikenal dan banyak dikunjungi oleh orang lain. Promosi blog tidak melulu harus di dunia online seperti Google Adwords, iklan Facebook, hingga iklan banner di situs terkenal yang menghabiskan banyak biaya. Terkadang untuk membuat blog anda lebih dikenal orang, anda hanya perlu melakukan beberapa hal kecil yang tampaknya sepele namun berdampak sangat besar bagi popularitas blog anda.

Promosi blog via offline juga membuat orang-orang di sekitar kita lebih aware dengan kegiatan blogger yang terkadang suka jarang keluar rumah. Sudah tidak bisa dipungkiri kalau blogger itu adalah orang yang lebih sering berteman dengan komputer dibanding dengan manusia. Namun kita tetap tidak bisa menjauhkan begitu saja kehidupan sosial di dunia nyata, karena hal tersebut juga dapat berimbas baik bagi kemajuan blog kita.

Berikut cara promosi blog secara offline ala Info_Blog

1. Minta feedback

Ketika blog anda masih seumur jagung, cobalah minta feedback dari teman dekat anda. Tanya apakah blog anda sudah terlihat bagus, entah itu desain atau tulisannya. Mintalah mereka untuk memberikan feedback secara jujur. Terkadang masukan dari teman atau orang terdekat kita cukup berpengaruh terhadap tampilan blog ataupun gaya tulisan kita. Pada awal-awal masa blogging saya sering meminta pendapat teman tentang blog ataupun tulisan saya. Tapi satu hal yang perlu anda ketahui, masukan yang jujur itu tidak selalu menyenangkan bahkan terkadang bisa bikin kita 'nyesek'. Tapi masukan yang jujur selalu membantu.


2. Promosi blog ke teman-teman dan keluarga

Cobalah koleksi email teman yang kira-kira tertarik untuk bergabung menjadi anggota komunitas blog anda. Biasanya jika anda benar-benar tertarik pada topik blog anda, maka teman-teman di sekitar anda seolah tertarik untuk ikut menyukai topik tersebut. Tapi jangan juga promosiin blog kamu pada nenek atau kakekmu yang udah tua. Mau dipromosikan kayak gimana juga mereka tetap tidak peduli dengan blog.


3. Beritahu rekan yang satu hobi

Memiliki teman yang punya hobi yang sama sangat membantu di awal-awal perkembangan blog kita. Kemungkinan teman tersebut untuk ikut berpartisipasi dalam blog kita sangat besar, entah ia menjadi pembaca tetap, memberik masukan, hingga ikut menulis di blog anda. Sebab blog itu kalau tidak untuk mencari uang, ya untuk menuangkan tulisan seputar hobi atau hal-hal yang menarik perhatian kita.


4. Promosikan blog ke komunitas anda
Apakah anda tergabung dalam suatu komunitas tertentu? Atau sebuah organisasi? Nah cara lain agar makin banyak orang tahu tentang blog anda adalah dengan mempromosikan teman satu komunitas atau teman yang satu organisasi dengan anda.


5. Targetkan orang yang belum anda kenal
Salah satu keunggulan dari orang yang suka ngeblog adalah punya tambahan teman baru yang tidak pernah ditemui sebelumnya. Nah, untuk cara promosi blog yang satu ini anda harus punya keberanian lebih. Katakanlah blog anda membahas seputar kuliner khas atau restoran lokal maka ajaklah pemilik restoran tersebut untuk ngobrol atau bahkan kalau bahasa resminya "wawancara". Orang yang baru anda kenal itu tentu ingin melihat hasil 'wawancara' di blog anda.


6. Minta teman untuk guest post

Meminta teman anda untuk melakukan guest post di blog anda mempunyai beberapa keuntungan. Pertama, rasa baru dalam hal wawasan dan opini yang tentunya akan menambah khasanah pembaa setia blog anda. Kedua, mempererat hubungan sosial antara anda dan teman. Masalahnya cuma satu: Ada gak teman kita yang mau jadi penulis tamu di blog kita?


7. Minta teman untuk berkomentar

Tidak ada yang lebih menyedihkan di dunia ini bagi seorang blogger melainkan sebuah postingan yang ditulis dengan susah payah tapi tidak ada yang komentar. Meskipun komentar terdengar 'sadis' karena orang suka berkomentar asal, namun komentar juga menjadi salah satu indikator kepopuleran suatu blog. Nah biar blog anda kelihatan ramai pengunjung, mintalah teman anda untuk berkomentar di salah satu postingan anda.


8. Beritahu orang yang anda temui di dunia nyata

Jujur untuk cara yang satu ini, saya sendiri sebenarnya masih agak ragu untuk menyatakan dengan gamblang pada orang yang kita temui. "Aku punya blog, alamatnya hatetepe......." Terdengar aneh saja. Namun jangan membatasi diri, sebab kita tidak tahu siapa yang akan menjadi pembaca setia blog kita. Siapa tahu orang yang kita temui lebih sering membuka blog kita dibanding teman sendiri.

Semoga tulisan cara promosi blog secara offline ala Info_Blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar