Kamis, 20 Maret 2014

Tips Memilih Nama Domain Website atau Blog yang SEO Friendly

Tips Memilih Nama Blog yang SEO Friendly - Sebuah blog merupakan branding yang anda miliki di dunia online. Sebab satu nama blog tidak akan sama dengan yang lain. Tidak pernah ada di dunia ini ada domain blog yang sama. Oleh karena itu, memilih nama blog merupakan hal yang cukup krusial bagi blogger. Terlebih bagi anda yang ingin mendapatkan banyak trafik dari search engine. Maka anda harus memilih nama blog yang SEO Friendly.

Memilih nama blog atau domain website merupakan hal mendasar yang paling krusial bagi anda yang ingin membuat situs baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Nama domain yang SEO Friendly dapat memudahkan anda menjaring trafik dari Google. Nama blog yang SEO friendly dapat meningkatkan trafik blog anda.

Jika anda sekarang ingin membuat blog dan berharap blog anda nanti dapat populer. Salah satu cara agar domain kita mudah diingat adalah membeli nama domain yang singkat atau kata yang mudah diingat. Disini saya akan membahas cara memilih nama domain yang brandable.

Yuk kita coba memilih nama blog dari perspektif Personal Branding. Cara yang termudah untuk meningkatkan personal branding anda di dunia maya adalah dengan membuat nama blog dari nama anda sendiri. Contoh nama saya adalah Azis White, maka cara termudah agar orang mengenal saya di dunia maya adalah dengan membuat blog dengan nama aziswhite.com. Namun cara itu tidak saya gunakan karena ada beberapa cara lagi untuk memilih nama domain blog yang ramah SEO.

Cara memilih nama blog yang brandable dan SEO Friendly:

Kata Kunci

Pilihlah nama domain yang sesuai dengan kata kunci utama yang anda bidik. Hal ini tentu saja memudahkan Google dan pengunjung untuk menemukan blog anda di belantara dunia maya. Selain itu, domain yang mengandung kata kunci juga akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik di Google.

Nama yang singkat

Pengguna internet adalah orang yang selalu cepat berpindah dan sulit menghapal karena terbiasa bergantung pada mesin pencari. Nah agar situs anda mudah diingat oleh pengguna internet. Anda harus memilih nama domain website yang singkat dan mudah diingat.

Keuntungan lain dari nama blog yang mudah diingat adalah membuat pengunjung mudah untuk kembali ke blog anda dan tentu saja hal itu akan meningkatkan nilai usaha anda di dunia maya.

Ekstensi

.com adalah ekstensi domain yang paling populer. Usahakan untuk memilih domain dengan esktensi .com. Bahkan situs sekelas Kaskus saja sampai mengganti nama mereka karena banyaknya orang yang salah mengetik lama Kaskus.us dengan Kaskus.com.

Namun bila anda ingin mengembangkan situs non-profit, maka ekstensi .org adalah yang terbaik.

Spesialisasi

Jika anda ingin dikenal sebagai orang yang ahli di suatu bidang, maka anda perlu mempertimbangkan nama blog yang berhubungan dengan bidang tersebut. Ambil contoh Darren Rowse. Darren Rowse mendirikan Problogger.net dan sekarang semua orang mengakui kalau ia adalah profesional blogger (pro blogger) terbaik di dunia.

Darren Rowse ingin dikenal sebagai pro blogger dan selama bertahun-tahun ia berusaha untuk mendapatkan predikat itu. Kini ia merupakan sedikit dari blogger yang mendapat penghasilan hingga jutaan dolar per tahunnya.

Nah, semoga tulisan tips memilih nama domain website atau blog yang SEO Friendly ini bermanfaat. Kalau anda punya ide lain, jangan sungkan sampaikan di kotak komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar